Cara membuat model 3d pada autocad

Cara membuat design 3D pada autocad tingkat mahir

Desain tempat puntung rokok/asbak bisa dibuat dengan beberapa perintah gambar seperti Line dan Arc, serta Circle. Selain itu diperlukan juga perintah gambar yang lain berupa Region dan Extrude. Untuk pengeditan digunakan perintah edit gambar, yaitu berupa Rotate dan Subtract.


a.      Buka file yang baru dan beri nama Desain Asbak 1
a.      Pastikan Anda sudah melakukan pengaturan penggambaran (pengaturan Units, penentuan batas bidang gambar/Drawing Units, dan pengaturan Snap and Grid).   
b.      Pilihlah jenis bidang kerja (workspace) 3D Modeling.
c.      Gunakan jenis visual styles: 2D Wireframe.  
d.      Gunakan viewport dengan sudut pandang tampak depan (Front
View) untuk melakukan penggambaran objek seperti Gambar 3.2. 
e.      Gunakan perintah gambar Line dan Arc untuk membuat gambar dengan bentuk dan ukuran seperti Gambar 3.2.   

  
f.       Buatlah sumbu putar, misalnya garis A-B menggunakan Line.   

g.      Lakukan Region terhadap semua objek dengan cara pilih menu DrawRegion > seleksi semua objek > tekan Enter
h.      Putar objek sebesar 3600 menggunakan perintah Revolve , di mana  sumbu putarnya menggunakan garis A-B. 
i.       Klik Revolve  pada Dashboard
j.       Seleksi objek  yang akan diputar > tekan Enter.
k.      Klik sumbu putar pada titik A dan titik B. 
l.       Tekan Enter hingga terbentuk gambar seperti berikut.  

m.     Pilih pandangan SW Isometric untuk melihat hasil pemutaran objek secara keseluruhan hingga seperti Gambar 3.5.
n.      Ubah jenis visual styles: Conceptual > pilih pandangan SW Isometric untuk melihat hasil pemutaran (revolve) objek secara keseluruhan. 

o.      Ubah pandangan viewport menjadi tampak depan (Front View) > buat lubang rokok pada asbak dengan cara membuat lingkaran menggunakan Circle, di mana radiusnya 0.3 seperti Gambar 3.6.  



p.      Extrude lingkaran tersebut dengan cara pilih menu Draw > Modeling > Extrude > seleksi objek > tekan Enter.
q.      Ketik nilai ekstrusi objek, misalnya 8
r.       Tekan Enter untuk mengakhiri proses Extrude.    
s.      Tampilkan objek pada dua viewport, yaitu tampak atas (Top View)
t.       Copy objek lingkaran yang sudah di-Extrude kemudian putar
u.      Lubangi objek asbak dengan objek lingkaran menggunakan Subtract.  Caranya: pilih menu Modify > Solid Editing > Subtract > pilih objek yang dikurangi/dilubangi (asbak) > tekan Enter > pilih kedua lingkaran > tekan Enter.  
v.      Ubah sudut pandang viewport menjadi SW Isometric untuk melihat hasil pembuatan asbak secara keseluruhan.  

w.     Simpan desain dengan pilih menu File > Save.   
Metode untuk finishing dan rendering desain:    
a.     Tahap pertama untuk melakukan finishing adalah dengan memberikan alas bidang objek agar terlihat realistis. Alas bidang bisa dibuat dengan Rectangle yang di-Extrude dengan ketebalan tertentu, sehingga bisa terlihat seperti Gambar 3.10. 

b.    Ganti material tempat puntung rokok/asbak dengan cara klik control panel Materials pada Dashboard.  

c.     Tentukan jenis material melalui Toolbar TOOL PALETTES – AL PALETTES seperti gambar di atas.
d.    Pilih kategori material yang Anda inginkan, misalnya kategori Finishes - Materials Sample seperti Gambar 3.12. 

e.     Pilih jenis material, misalnya Finishes.Wax.Varnish
f.     Klik ganda (dobel klik) pada kotak lambang jenis material 
g.    Akhiri dengan tekan Enter.  
h.     Jika sebelumnya Anda pernah mengubah meterial objek asbak tersebut, maka akan keluar kotak dialog Material Name Conflict > klik Create a copy atau Overwrite.

i.      Klik objek asbak dengan kursor paint brush > tekan Enter.
j.      Ulangi hal yang sama untuk mengganti material alas bidang tempat puntung rokok dengan cara memilih jenis material Finishes.Flooring.Wood.Hardwood.1 pada kategori Flooring – Materials Sample.   

k.     Untuk melihat hasil penggambaran yang lebih realistik, pilih jenis visual styles: Realistic hingga 
l.      Untuk melihat desain asbak, lakukan rendering dengan cara pilih menu View > Render > Render dan tunggu proses rendering.
m.   Simpan hasil render dengan pilih menu File > Save > kotak dialog Render Output File
n.     Beri nama Desain Asbak 1 > pilih Files of type: BMP(*.bmp) > Save.  
o.    Pada kotak dialog BMP Image Options > pilih 24 Bits (16.7 Million Colors) > klik OK
p.    Buat alternatif desain asbak yang lain dengan melakukan editing material asbak, caranya seleksi objek asbak > klik tombol Materials pada Dashboard hingga keluar Tool Palettes -
Materials.   
q.    Lakukan pengaturan, misalnya seperti Gambar 3.20 di atas. 
r.      Lakukan rendering desain asbak dengan Output Size render 800x600.  
s.     Pilih menu View > Render > Render tunggu proses rendering. 
t.      Simpan desain dengan pilih menu File > Save > ketik nama Desain Asbak 2 > pilih Files of type: BMP(*.bmp) > Save.
u.     Pada kotak dialog BMP Image Options > pilih 24 Bits (16.7
Million Colors) > klik OK.

Jika ada yang kurang paham silahkan ajukan pertanyaan :)

0 komentar: